Artikel Populer

Bupati Bursel Resmi Lantik Anggota BPD Desa Nalbesi.

Bupati Bursel Resmi Lantik Anggota BPD Desa Nalbesi.

Bursel, Suara Reformasi.com -Bupati Kabupaten Buru Selatan(Bursel), DR.Hi. Tagob S. Soulissa, SH.MH dengan resmi melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa(BPD)Desa Nalbesy, Kecamatan Leksula, Kabupaten Bursel berlangsung di Aula Kantor Desa Kamis 5 Agustus 2020.

img-1596689426.jpgBupati Bursel dalam sambutan Mengatakan,Kepada anggota BPD yang resmi dilantik hari ini, sesuai ketentuan Permendagri nomor 110 tahun 2016 pasal 5 ayat(1), mengisyaratkan proses pengisian anggota BPD dilakukan secara demokratis melalui proses pemilihan langsung maupun tidak musyawarah perwakilan.

Untuk itu anggota DPD yang dilantik hari ini Kata Bupati, merupakan wakil masyarakat yang dipilih mewakilimasyarakat melalui musyawarah perwakilan yang mana Pemda bursel memberikan ruang pemberlakuan adat istiadat setempat yang berlaku dikecamatan Leksula untuk memilih BPD berdasarkan perwakilan tiap mata rumah untuk duduk dalam keanggotaan BPD yang merupakan lembaga terwujudnya demokrasi dalam penyelenggaran Pemdes.

Lanjut Soulissa, seiring dengan perubahan regulasi yang mengatur tentang desa, dimana desa saat ini tidak lagi hanya sebagai objek pembangunan dari Pemerintah, tetapi lebih dari itu, desa saat ini mempunyai peran penting sebagai subjek pembangunan yang mempunyai hak dan kewenangan mengatur rumah tangganya, konsekwensi dari hal itu, Desa diberikan dana yang cukup besar untuk kelola dan dimanfaatkan sebesar- besarnya untuk kepentingan masyarakat desa” Ujar Bupati Bursel.

BPD saat ini, sebagai lembaga formal yang punya peran strategis dalam mendorong transpransi akuntabilitas demokrasi dan kesejahteraan warga harus mampu menjadi benteng dari iklim atau budaya pemerintah desa yang bersih serta mampu merumuskan indicator kinerja masyarakat, agar masyarakat dapat melakukan penjagaan terhadap BPD itu sendiri”Ungkap Soulissa.

Untuk itu Kata Bupati, BPD harus benar- benar bisa menjadipartner kepala desa dalam membangun desanya dan menjadi filar utama dan jembatan koordinasi kerja pemerintah desa dan masyarakat.

‘Hadiri dalam acara tersebut selain Bupati Bursel juga dihadiri anggota DPRD, Perwira Penghubung(Pabung)Kodim Persiapan Namrole, Mayor Inf Ratno Sudarmadi bersama anggota, Kapolsek Namrole bersama anggota, Danton Brimob,Praktisi Hukum, Boyke Lesnussa,SH,MH Para asisten, Kepala Dinas, Badan, Kantor dan Bagian dilingkup Pemda Bursel,Ketua tim penggerak PKK, Camat beserta unsur Muspika Kecamatan Leksula, Parakades Se Kecamatan Leksula, Tokoh Agama,Adat dan Tokoh Masyarakat , Ibu- -ibu Majelis Ta,Lim Nurul Hidayah dan Majelis Al- Hidayah serta  sejumlah undangan lainnya(AK)


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin commodo....

Cindy

Tingkatkan !!!...

Larry

Bagus...

Jerry

Good !!...

nisa

Blognya keren !!...

Mila Karmila

Metode SEO yang sangat keren!!!......

Dian Herliwan
Kategori