Artikel Populer

Bagian firman Tuhan hari ini (LPJ GPM) Keluaran 18:24-27

Bagian firman Tuhan hari ini (LPJ GPM) Keluaran 18:24-27

Diceritakan bahwa Musa sangat terlihat bersemangat sekali dan langsung mencari dari antara bangsa Israel orang-orang yg sesuai dengan yg dikatakan oleh Yitro mertuanya. Ia mulai memilih orang-orang yg sesuai deng kriteria yg dianjurkan oleh Yitro, yakni orang yg cakap, yg menjadi kepala atas bangsa itu, menjadi pemimpin seribu orang, lima ratus orang, lima puluh orang dan pemimpin sepuluh orang bahkan juga orang yg takut akan Allah, yg dapat dipercaya dan benci terhadap pengajaran suap..Musa memberikan tanggung jawab kepada mereka untuk memimpin serta menghakimi setiap perkara yg muncul dikelompok mereka masing masing..

Kita bersyukur di berikan karunia dari Tuhan untuk menatalayani pekerjaanNya.. Walaupun semua orang memiliki karunia yg berbeda, namun jika dimanfatkan atau di perlabakan dengan baik, maka semuanya akan menjadi indah..Kita lihat dalam bacaan ini bahwa ada karunia untuk menasihati dan karunia untuk memimpin..Jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati..Siapa yg memberikan pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin

Mendengarkan nasihat tidaklah salah. Kita memiliki dua telinga dan satu mulut, yang artinya kita harus mendengar lebih banyak daripada berbicara. Adalah baik menampung sebanyak-banyaknya nasihat dari orang lain, walaupun memang nantinya kita harus memilah apakah memang nasihat tersebut memang bermanfaat bagi kita atau tidak. Kita juga harus berhati-hati agar tidak mendengarkan nasihat dari orang yang salah, dengan cara tidak duduk dan bergaul dengan kumpulan orang-orang yg suka duduk menceritakan keburukan orang lain..Orang yang mendengarkan nasihat sesungguhnya adalah orang yang bijaksana, dan justru semakin bijaksana seseorang, maka ia akan semakin mendengarkan nasihat-nasihat dari orang lain..Tidak ada salahnya kita mengadopsi ide dan nasihat dari orang lain. Kita bisa mengamati, meniru bahkan memodifikasi nasihat atau perkataan dari orang lain..Kita amati orang lain yg sudah lebih dulu sukses..Kita tiru hal-hal yg baik, dan jangan lupa memodifikasinya sesuai konteks..Karena orang yg sukses adalah orang yg mengerti bagaimana meminjam ide, teknologi, bakat bahkan karunia dan kepandaian orang lain untuk mengerjakan sesuatu..Inilah yg akan membuatnya sukses, seperti yg di alami oleh Musa dengan menerima nasihat dari mertuanya Yitro yg pada akhirnya Musa pun berhasil dalam melakukan dan mengatur strategi kepemimpinannya.. Ada 4 nasihat yg bermanfaat daru Yitro kepada Musa yaitu 1..Musa bisa mewakili bangsa Israel di hadapan Tuhan.. 2..membawakan perkara-perkara mereka kepada Allah. 3..Memilih orang-orang yg berkualitas imannya dan yg ke 4..Menempatkan mereka sebagai pemimpin seribu, seratus, lima puluh dan sepuluh agar dapat mengatsi masalahhmasalah kecil. Dengan Musa mendengar, menaati dan melakukannya, ternyata Musa dapat merasakan keringanan dalam tugas pekerjaannya dan bangsa Israelpun dapat menikmati kepemimpinan Musa dengan senang..

Selain mendengarkan nasihat, kita juga perlu menasihati orang lain, terlebih saudara-saudara seiman kita jika mereka berbuat salah atau menyimpang dari ajaran Firman Tuhan.. Kita harus memberikan nasihat yang tulus kepada saudara-saudara kita, bukan untuk kepentingan kita, tetapi untuk kepentingan bersama, dan juga agar saudara kita menjadi lebih baik lagi. Jadi, marilah kita saling menasihati di dalam Kristus, dengan penuh kasih, agar kita semakin bertumbuh di dalam Tuhan. Milikilah sikap seperti Musa yang mau mendengarkan nasihat orang lain, dan juga seperti Yitro yang juga memberikan nasihat dengan tulus..Marilah kita sebagai orang percaya, siap untuk menerima nasihat, koreksi, teguran dll, agar kita dapat membangun hidup kedepan  dengan lebih baik lagi.

Slmt beraktivitas..Tuhan Yesus sllu berkati bpk dan ibu serta basudara semua..Shalom🙏😊


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin commodo....

Cindy

Tingkatkan !!!...

Larry

Bagus...

Jerry

Good !!...

nisa

Blognya keren !!...

Mila Karmila

Metode SEO yang sangat keren!!!......

Dian Herliwan
Kategori