Artikel Populer

Bagian firman Tuhan hari ini (LPJ GPM) 1 Korintus 14:1-12

Bagian firman Tuhan hari ini (LPJ GPM) 1 Korintus 14:1-12

Bagian ini dilatarbelakangi dengan sikap orang Kristen di Korintus yg mengagungkan bahasa roh..Namun rasul Paulus menginginkan agar jemaat Korintus mengetahui ajaran yg benar ttg karunia karunia roh. Paulus melanjutkan dengan mengatakan bahwa hal yg penting utama dalam kehidupan Kristen, yaitu memiliki kasih..Paulus menjelaskan bahwa karunia yg paling berguna yg digunakan orang percaya adalah karunia bernubuat, bukan karunia berbahasa roh..Bahasa roh tidak ditujukan kepada manusia, melainkan kepada Allah..Disisi lain,karunia bernubuat bersifat membangun, menasihati dan menghibur, sehingga karunia ini bermanfaat untuk jemaat yg lain..Intinya, siapa yg berkata kata dengan bahasa roh,ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yg bernubuat, ia membangun jemaat.

Sering kita tidak mengerti, apa sebenarnya karunia berbahasa roh? Apakah karunia ini diberikan pada orang-orang tertentu? Lalu bagaimana kedudukan karunia berbahasa roh? Tidakkah yang punya karunia ini lebih tinggi kerohaniannya dibanding yang tidak bisa bahasa roh?  Dalam pertumbuhan rohani, mulai muncul persaingan untuk mengatakan mereka yang dapat berbahasa roh atau berbahasa lidah lebih tinggi kedudukannya dibanding mereka yang hanya berkhotbah, berdoa atau menghibur yang susah.

Pola pikir semacam ini jelas berbahaya dan menyesatkan dalam persekutuan. Karunia berbahasa roh bukanlah karunia yang harus dinomorsatukan sebab karunia berbahasa roh hanya berguna secara pribadi jika tidak ada orang lain yang menafsirkanya. Apa yang utama dalam kehidupan berjemaat adalah kasih dan karunia bernubuat atau karunia menyampaikan pengajaran tentang kebenaran firman Allah.

  

Sebagai satu tubuh, kita memiliki beragam anggota dengan berbagai karunia. Karunia bernubuat adalah karunia yang bertujuan membangun, menasihati dan menghibur. Karunia yang dapat langsung bermanfaat bagi kehidupan persekutuan; bagi saudara-saudara seiman yang dalam kelemahan dan kerinduan untuk jadi berkat.

Sebagai satu persekutuan, tidak ada yang salah dengan karunia berbahasa roh dan bahkan tidak boleh kita melarang orang berbahasa roh. Karunia berbahasa roh dapat bermanfaat secara maksimal jika ada juga yang menerima karunia menafsirkan berbahasa roh. Tujuannya agar apa yang disampaikan dalam bahasa roh dapat dimengerti warga jemaat dan mendorong warga jemaat semakin mengasihi Tuhan dan giat melayani dan bersaksi tentang nama Yesus.

Karenanya kita tidak boleh mengistimewakan karunia berbahasa roh apalagi jika tidak ada yang bisa menafsirkannya. Apa yang sudah Tuhan berikan perlu dikembangkan misalnya karunia bernubut. Dengan karunia bernubuat, warga jemaat semakin mengerti pengajaran firman Allah; kasih dan pengampunan Kristus; janji-janji Tuhan serta mujizatNya yang berlaku bagi siapa yang percaya kepada Tuhan Yesus.

Gereja adalah anggota tubuh Kristus dan Kristus adalah kepala gereja..Sebagai anggota tubuh Kristus, marilah kita memelihara dan berusaha mewujudkan kasih Kristus ditengah jemaat yg adalah anggota tubuh Kristus..Kasih tidak mementingkan diri sendiri dan tidak sombong..Dengan bersandar pada kasih, marilah kita menggunakan Roh Kudus, bukan untuk menyombongkan diri, melainkan untuk membangun jemaat Kristus..Kita perlu saling menolong, menopang dan memberi diri untuk semakin berkontribusi dalam persekutuan dan pelayanan..

Slmt beraktivitas di usbu yg baru..Tuhan Yesus sllu berkati bapa dan ibu serta basudara semua..Shalom🙏😊


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin commodo....

Cindy

Tingkatkan !!!...

Larry

Bagus...

Jerry

Good !!...

nisa

Blognya keren !!...

Mila Karmila

Metode SEO yang sangat keren!!!......

Dian Herliwan
Kategori